Saturday, February 18, 2023

Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan di Lamongan

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun tahukah Anda, selain makanannya yang enak, susu hewan ini juga enak untuk dikonsumsi. Bukan hanya soal rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu atau susu nabati lainnya. Susu kambing mengandung konsentrasi protein, kalsium, dan zat lain yang penting bagi tubuh Anda lebih tinggi daripada susu sapi, yang paling sering dikonsumsi. Berdasarkan laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) di bawah ini adalah perbandingan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan juga susu sapi.

 

Menurut penelitian, studi yang membandingkan susu kambing dan susu sapi dengan jelas menunjukkan bahwa kandungan kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan kalium susu kambing lebih besar daripada susu sapi. Selain itu, kelebihan susu kambing adalah karena bermanfaat untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna, dan mengandung lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Sayangnya, susu kambing yang murni beserta turunannya, sulit didapatkan untuk dijual. Alasannya karena fakta bahwa kambing perah berproduksi jauh lebih rendah daripada sapi perah. Oleh karena itu, tidak terlalu mengherankan jika susu kambing akan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengganti asupan susu harian Anda dengan susu kambing, berikut adalah 10 manfaat utama susu kambing mentah dan olahan yang patut diketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein termasuk asupan harian yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan dalam tubuh, membangun antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak. Susu kambing lebih kaya protein daripada susu sapi atau susu nabati. Jumlah protein yang terdapat pada susu kambing adalah 9 sedangkan pada susu sapi sebanyak 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai, memiliki protein sekitar 6-7 gram, sedangkan susu almond memiliki protein antara 0 dan 1 gram.

 

Dengan keunggulan tersebut susu kambing merupakan pilihan tepat untuk memenuhi asupan protein harian Anda sebagai alternatif pengganti susu sapi. Tapi, jelas tidak sepenuhnya ditebar sumber protein lain, seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

 

2. Sistem kekebalan tubuh diperkuat

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Ya, jumlah mineral selenium pada susu kambing memang diakui cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk menjaga kesehatan tidak bisa dilebih-lebihkan. Selenium yang merupakan kandungan utama susu kambing ini akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda terhadap segala variasi cuaca dan aktivitas sehari-hari. Ini juga membantu melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Memasukkan segelas susu kambing ke dalam diet Anda akan meningkatkan kekuatan tubuh Anda dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami gangguan lambung, mulas dan diare. Selain sehat, tubuh Anda akan menjadi lemas akibat konsumsi susu. Kondisi ini biasanya terjadi karena ketidakmampuan tubuh mencerna kandungan laktosa pada produk susu akibat alergi susu tertentu.

 

Susu kambing, meskipun mengandung laktosa dan tinggi protein, diyakini lebih mudah dicerna oleh pencernaan daripada susu dari sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing lebih sedikit memicu reaksi alergi daripada susu dari sapi. Sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki riwayat alergi untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional medis profesional untuk keselamatan. Prebiotik yang terkandung dalam susu kambing juga merupakan cara untuk dalam asupan bakteri baik dalam saluran pencernaan agar kadarnya tetap konsisten atau meningkat untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Selain sebagai sumber protein, alasan utama orang mengonsumsi susu adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan kalsium dalam tubuh. Hal ini disebabkan peran vital kalsium dalam menjaga kesehatan tulang. Dari tabel perbandingan gizi di atas 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing memiliki 327 mg kalsium. Sebanyak 51 mg lebih banyak dari kalsium pada susu sapi. Ini berarti menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah studi tahun 2014 di Rusia menemukan bahwa pemberian 400ml kambing per setiap hari hingga 42 lansia diyakini memiliki efek positif pada metabolisme tulang. Ini dapat membantu mengurangi osteoporosis jika dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling fatal dan mematikan. Untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan positif yang bisa Anda terapkan dimulai dengan olahraga e dan mengikuti pola makan yang sehat dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambahkan susu kambing ke dalam pola makan yang sehat.

 

Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal atau ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu menghentikan berbagai bentuk penyakit jantung. Selain itu kandungan magnesium pada susu kambing dapat bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal serta mencegah kenaikan kadar kolesterol. Hal ini akan memastikan bahwa jantung menjadi lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Selain penting untuk kesehatan tulang, kalsium juga membantu pembentukan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari jumlah total kalsium yang diserap tubuh, 95% disimpan di tulang dan gigi. Kalsium digunakan untuk membangun jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi Anda tanggal dan menjadi rawan pembusukan, perbanyaklah konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kalsium. Susu kambing bisa menjadi pilihan sumber kalsium untuk dikonsumsi sehari-hari. Kandungan kalsium pada susu kambing dapat memenuhi 33% dari kebutuhan gizi harian. Itu lebih dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing adalah sumber asam linoleat yang kaya yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Banyak penelitian telah menemukan bahwa minum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan juga arteri. Dengan melakukan ini, orang yang menderita kadar kolesterol tinggi dan mereka yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat memiliki pilihan produk susu yang lebih aman untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain menggunakan susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

 

8. Menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit

Mungkin Anda sudah mengetahui berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing, mulai dari body wash, body scrub, lotion dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam laktat, asam lemak, dan vitamin A dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari kulit yang halus, produk yang terbuat dari susu kambing bisa menjadi pilihan yang ideal. PH dalam susu kambing identik dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak akan membahayakan kulit dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, asam laktat dalam susu kambing menawarkan pelembab yang maksimal pada kulit sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering. Kandungan lainnya, seperti asam lemak dan vitamin A di dalamnya dapat menguatkan permukaan kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih optimal.

 

Ini berbanding terbalik dengan susu sapi yang justru bermasalah dengan kemampuan tubuh dalam menyerap tembaga dan besi bila dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Konsumsi makanan yang telah dilengkapi dengan segelas susu kambing dipercaya dapat membantu tubuh menyerap semua nutrisi yang dibutuhkannya tanpa membuang semuanya.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda berjuang untuk tertidur? Pertimbangkan untuk meminum segelas susu kambing hangat sebelum menutup mata dan tidur. Kandungan asam amino triptofan yang terdapat pada susu kambing membantu produksi hormon serotonin tubuh. Serotonin adalah hormon yang sangat penting untuk menjaga kestabilan suasana hati, meningkatkan relaksasi, dan membantu produksi hormon melatonin atau hormon tidur.

 

Oleh karena itu, meminum segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu tidur lebih cepat dan istirahat lebih nyaman.

 

Ini adalah fakta. manfaat susu kambing murni dan hasil olahannya berkat kandungan gizi yang cukup besar yang terkandung di dalamnya. Selain itu, keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi atau susu nabati telah dikonfirmasi oleh studi klinis. Mulai dari kandungan protein, sodium magnesium, kalsium dan potasiumnya tidak ada yang bisa dibandingkan dengan susu kambing. Tidak ada alasan untuk khawatir memilih susu kambing sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat cocok bagi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Susu tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit mematikan seperti kolesterol, serangan jantung, dan stroke.

 

Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing yang murni juga.

 

Dari luar, Anda bisa melihat gigi yang sehat dan penampilan kulit yang bercahaya, lembap, dan lembut. Ini meningkatkan penampilan Anda saat Anda melakukan aktivitas olahraga. Meski mencari susu kambing murni tidaklah mudah Namun, ada beberapa peternakan terpercaya yang bisa memproduksi dan menjual susu kambing dalam kemasan, beku bahkan susu kambing. susu bubuk dengan harga yang bervariasi.

 

Harga susu kambing yang dijual di pasaran berkisar antara Rp. 44.000-80.000 per 200 gram Susu Kambing Murni bubuk dan Rp. 6.600-10,00 per 200ml susu kambing murni kemasan atau beku. Jika Anda mempertimbangkan harga kambing atau sapi, harganya pasti dua kali lebih mahal. Namun karena kandungan nutrisi susu kambing yang lebih tinggi dari susu sapi atau susu nabati, maka biaya yang diberikan sebanding dengan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

No comments:

Post a Comment

cara memasukkan txt google search console ke domain

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna untuk memantau kinerja situs web Anda di hasil pencarian Google. Namun, tidak ada cara...