Sunday, March 20, 2022

Cara Balancing Roda Mobil Yang Benar

Cara Balancing Roda Mobil Yang Benar

Balancing Roda adalah layanan yang sangat mendasar, dan masih merupakan pusat keuntungan yang baik bagi dealer ban yang berinvestasi dalam peralatan yang diperlukan.

Mobil modern dan truk ringan/SUV adalah kendaraan yang sangat disetel, dan kinerja yang diantisipasi, kenyamanan pengemudi, penghematan bahan bakar, dan masa pakai ban semuanya dapat terkena dampak negatif bahkan oleh ketidakseimbangan sekecil apa pun. Pecahan ons benar-benar penting hari ini.

Penyeimbang ban/roda (Balancing Roda) saat ini jauh lebih mudah digunakan daripada mesin sebelumnya atau penyeimbang gelembung jadul, dengan banyak fitur otomatis dan yang dihasilkan komputer yang dirancang untuk menghasilkan keseimbangan yang luar biasa. Banyak penyeimbang ban/roda modern menyertakan fitur seperti motor penggerak langsung, mode penyeimbangan ganda, pemandu laser, start otomatis dengan siklus detik, tempat penyimpanan berat, dan penyeimbang statis otomatis.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memeriksa keseimbangan ban/roda pada kendaraan pelanggan Anda. Tiga waktu dasar ketika penyeimbangan harus dilakukan meliputi:

• Saat ban diganti atau diperbaiki

• Saat timbangan dipindahkan atau jatuh

• Saat ban baru dibeli

Teknisi ban tahu bahwa rakitan ban/roda penyeimbang dapat menghilangkan getaran dan goyangan. Ini akan meningkatkan keausan ban, meningkatkan jarak tempuh bahan bakar dan menghilangkan stres dari kendaraan. Getaran yang disebabkan oleh ban yang tidak seimbang biasanya terjadi pada kecepatan 50 mph hingga 70 mph. Konsumen yang hanya berkendara di sekitar kota dan tidak di jalan bebas hambatan mungkin tidak pernah menyadari bahwa ban mereka tidak seimbang, tetapi kerusakan tetap terjadi.

Ban berkualitas tinggi saat ini akan menjaga keseimbangannya dengan baik kecuali jika ada kekuatan luar, seperti menabrak trotoar atau kehilangan berat, terjadi. Teknisi juga harus memeriksa untuk melihat apakah pelanggan memiliki roda pengunci di beberapa posisi. Beberapa lug pengunci lebih berat 1,5 ons daripada mur lug konvensional, yang dapat menyebabkan translasi setengah ons atau lebih ke roda.

Jenis Balancing

Dalam banyak kasus, ketika ban diproduksi, itu diperiksa untuk keseimbangan statis dan dinamis. Tidak setiap ban, bahkan di antara pembuat besar, diuji secara langsung. Ban yang tidak sesuai dengan salah satu faktor akan ditolak.

Pabrikan ban mengukur keseimbangan statis dengan menggunakan sensor yang dipasang pada rakitan spindel, dan mengukur keseimbangan dinamis dengan memasang ban pada roda uji, mempercepat rakitan hingga 300 rpm atau lebih tinggi dan kemudian mengukur gaya ketidakseimbangan saat ban berputar.

Dalam kebanyakan kasus, penyeimbang gelembung jadul adalah sesuatu dari masa lalu. Penyeimbang dinamis – juga disebut sebagai “penyeimbang putaran” atau “penyeimbang komputer” – adalah peralatan yang paling umum. Bahkan di antara penyeimbang dinamis, ada perbedaan besar tidak hanya dalam fitur tetapi, yang lebih penting, presisi.

Penyeimbang dinamis tidak hanya menentukan lokasi ketidakseimbangan apa pun, tetapi juga menunjukkan jumlah pasti bobot pengimbang yang harus ditambahkan untuk memperbaiki ketidakseimbangan. Berbagai fitur peralatan yang tersedia dapat menjadikannya operasi yang lebih presisi.

Penyeimbangan variasi gaya jalan adalah metode lain yang telah digunakan di tingkat OE selama bertahun-tahun. Meskipun hanya digunakan secara terbatas di pasar purna jual, peralatan variasi gaya jalan menjadi semakin populer karena kepekaan kendaraan terhadap ketidakseimbangan menjadi semakin besar.

Langkah-Langkah Menyeimbangkan Rakitan Ban/Roda

Tergantung pada peralatan yang Anda miliki, rakitan ban/roda diseimbangkan dalam beberapa cara. Langkah-langkahnya diuraikan sebagai berikut jika Anda menggunakan salah satu mesin otomatis yang lebih modern, seperti Coats 1250. Petunjuk ini tidak dimaksudkan untuk mencakup setiap situasi penyeimbangan.

Sebelum ban dapat diseimbangkan, ban harus ditempatkan secara konsentris. Anda dapat menentukannya dengan mengukur jarak antara rib yang dibentuk pada dinding samping bawah ban dan tepi flensa pelek roda. Ban harus dikempiskan dan dipasang kembali jika jarak antara dua titik lebih besar dari 2/32 inci.

Setelah memastikan bahwa manik-manik telah dipasang kembali dengan benar, ban harus dipompa ke tekanan yang disarankan.

1. Matikan mesin Anda kemudian ON, yang akan mengatur ulang penyeimbang. Mesin bangun menggunakan lokasi berat roda clip-on standar.

2. Singkirkan batu/batuan atau kotoran lainnya dari tapak dan semua beban yang sudah melekat pada roda. Selama proses ini, Anda juga harus menghilangkan lumpur, kotoran, atau salju di bagian dalam roda dan memastikan bahwa permukaan pemasangan roda benar-benar bersih dari kotoran.

3. Pasang rakitan ban/roda pada penyeimbang yang akan menggunakan bobot clip-on wheel standar. Gunakan metode pemasangan yang paling tepat. Teknisi harus berhati-hati untuk menghindari cedera punggung dan harus mencari bantuan saat mengangkat rakitan ban/roda yang berat ke poros penyeimbang.

4. Ada tiga metode pemasangan utama. Mereka termasuk:

• Kerucut Belakang – Sebagian besar peralatan asli dan roda baja dapat dipasang dengan benar menggunakan metode ini. Roda dipusatkan pada kerucut dari sisi dalam roda.

• Kerucut Depan – Roda harus dipusatkan di sisi luar hub hanya jika permukaan dalam tidak memberikan permukaan yang akurat untuk dipusatkan.

• Pin-Plate – Metode alternatif untuk mengamankan dan menyelaraskan rakitan pada mesin penyeimbang adalah metode pin-plate. Sebuah pin-plate ditambahkan sebagai pengganti cangkir tekanan.

5. Masukkan dimensi roda A & D menggunakan lengan offset.

Sebelum roda dapat diseimbangkan, dimensi roda harus dimasukkan ke komputer di unit Anda. Ini termasuk:

A = Offset – Jarak yang diukur dari penyeimbang (“0” pada lengan offset) ke bidang dalam dari pelek roda (lokasi bobot bagian dalam).

W = Lebar – Lebar roda pada flensa pelek, diukur dengan kaliper.

D = Diameter – Diameter roda seperti yang tertera pada ban.

6. Untuk pengukuran otomatis, tarik lengan offset ke roda, tahan pada posisi clip-on weight pada flensa roda dan tunggu bunyi “bip”. Kembalikan lengan ke posisi awal.

7. Masukkan dimensi lebar roda. Gunakan kaliper plastik untuk mengukur lebar roda untuk entri manual. Tekan tombol W. Gunakan papan tombol untuk memasukkan nilai lebar (antara 2 dan 20 inci.) Turunkan kap untuk pengukuran otomatis.

Perhatikan entri nilai dimensi W.

8. Turunkan kap mesin. Roda akan berputar dan ketidakseimbangan diukur dan ditampilkan. Jumlah bobot korektif muncul di jendela tampilan bobot untuk lokasi bobot di dalam dan di luar.

9. Angkat kap mesin setelah ban berhenti berputar. Pastikan roda telah berhenti sebelum mengangkat kap mesin.

10. Bilah tengah dalam pesawat berkedip. Jika bobot korektif dalam tidak diperlukan, roda akan berhenti di lokasi bobot korektif tempel dan Anda dapat melanjutkan ke Langkah 13.

11. Pasang pemberat korektif di dalam kapal. Pasang jumlah berat yang ditentukan pada titik mati atas pada flensa bagian dalam roda. CATATAN: Pemasok bobot roda sering kali akan menyediakan pengukur kontur flensa pelek untuk membantu teknisi memilih bobot clip-on yang benar untuk roda.

12. Tekan NEXT, menyebabkan roda berputar.

13. Bilah tengah tempel akan berkedip.

14. Pasang pemberat korektif tempel. Pasang jumlah berat yang ditentukan pada titik mati atas pada flensa luar roda.

15. Turunkan kap mesin untuk mengencangkan kembali ban/roda dan memeriksa keseimbangan. Pembacaan berat sekarang harus 0,00.

Perawatan Balancing roda merupakan jenis perawatan rutin yang dilakukan setiap 6 bulan sekali paling lama dan 4 bulan 1 kali selama pemakaian rutin, 

Untuk anda yang membutuhkan banyak informasi otomotif silahkan berkunjung ke web kabarbengkel.com yang terdapat banyak informasi reviews produk otomotif, jasa otomotif dan informasi seputar otomotif indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

cara memasukkan txt google search console ke domain

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna untuk memantau kinerja situs web Anda di hasil pencarian Google. Namun, tidak ada cara...